Tuesday 14 October 2014

Emas Turun dari Level 4 Pekan Tertinggi Akibat Penguatan Dolar

BESTPROFIT FUTURES MALANG (15/10) - Emas tergelincir pada Selasa karena harga minyak mentah turun dan rebound dolar mendorong pasar bullion untuk mengambil nafas pasca reli baru-baru ini.
Pasar energi merosot lebih lanjut pada Selasa, dengan AS dan minyak mentah berjangka Brent keduanya jatuh lebih dari 4 persen pasca pengawas energi Barat memangkas estimasi permintaan minyak tahun ini dan berikutnya.
Kecemasan tentang pertumbuhan ekonomi global yang melambat juga mengirimkan obligasi imbal hasil AS tenor 30-tahun berada di bawah level 3 persen untuk pertama kalinya sejak Mei 2013 lalu, sedangkan obligasi imbal hasil AS acuan tenor 10-tahun jatuh ke level terendah dalam 16-bulan terakhir di level 2,18 persen.
Spot emas turun 0,3 persen ke level $1,232.75 per ons pukul 2:34 waktu setempat pasca menyentuh level tertinggi dalam empat pekan terakhir dari level $ 1,237.90 per ons.
Emas berjangka untuk pengiriman Desember mengungguli spot di COMEX AS, ditutup naik $ 4,30 per ons ke level $ 1,234.30 omset lebih rendah dari biasanya.
Dolar rebound terhadap sejumlah mata uang utama pasca data ekonomi yang lemah dari zona euro dan Inggris menggarisbawahi kesehatan relatif dari ekonomi AS. (izr)
Sumber: Bloomberg