Sunday 12 October 2014

Yen Catat Gain, Bursa Saham Asia Dibuka Melemah 0.4%

BESTPROFIT FUTURES MALANG (13/10) - Bursa Saham Asia dan Indeks Berjangka AS melemah, memperpanjang penurunan ekuitas setelah Federal Reserve menyatakan bahwa pelambatan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan menunda kenaikan suku bunga. Sementara yen, emas dan obligasi berjangka Treasury AS naik, dan minyak mentah turun.

Indeks MSCI Asia Pacific kecuali Indeks Jepang melemah 0.4% pukul 9:08 pagi waktu Seoul, menuju level harga penutupan terendah sejak Maret lalu. Indeks Kospi Korea Selatan tergelincir 0.7% dengan Bursa Saham Jepang hari ini tutup akibat libur nasional. Indeks Berjangka Standard & Poor 500 melemah 0.5%, setelah pekan lalu indeks acuan tersebut turun tajam sejak 2012 silam. Sementara yen naik ke level 3 pekan tertinggi setelah mata uang dari Australia hingga Korea turun. Emas melonjak 0.6%. Minyak di New York dan London perpanjang penurunan pekan lalu, turun sebesar 1.3%. Obligasi Treasury berjangka dengan tenor 10 tahun naik ke level 11 bulan tertingginya dan obligasi Australia naik.

Sementara itu, The Fed bulan ini berada pada laju penghentian pembelian obligasi, saham-saham telah mengalami penurunan ditengah kenaikan pada aset safe haven terkait kekhawatiran pemulihan ekonomi yang tidak merata dari zona Eropa dan China. Kenaikan suku bunga AS diperkirakan akan ditunda dengan adanya pelambatan ekonomi di berbagai negara, hal itu menurut Wakil Ketua The Fed Stanley Fischer yang menyatakan selama pertemuan International Monetary Fund di Washington pekan ini dan Gubernur Fed Daniel Tarullo menyatakan kekhawatirannya mengenai pertumbuhan ekonomi global. Sementara China hari ini dijadwalkan akan merilis data neraca perdagangan, di Hong Kong, polisi telah memulai memindahkan penghalang jalan akibat para pengunjuk rasa memasuki pekan ke-3. (bgs)

Sumber : Bloomberg