Tuesday 1 July 2014

Harga Emas Spot Comex Turun Tipis

Harga emas spot di Bursa Comex pada perdagangan Selasa 1 Juli 2014 terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Pelemahan harga emas di Bursa Comex dipicu oleh sentimen data manufaktur Tiongkok yang berhasil mengangkat pergerakan bursa global.
Pengaruh data manufaktur Tiongkok yang menguat ke level 51 atau naik 0,2 poin terpantau memicu pelemahan harga emas spot di Bursa Comex. Dampak dari penguatan sektor manufaktur Tiongkok tersebut berpengaruh pada pergerakan bursa saham global yang positif dan secara tidak langsung berimbas pada penurunan minat terhadap emas di Bursa Comex.
Walaupun melemah akibat dorongan penguatan bursa saham pada Selasa lalu, secara fundamental emas masih berpotensi untuk menguat. Hal tersebut dapat terlihat dari pergerakan harga emas berjangka yang masih dapat menguat di Bursa Comex. Kisruh antara pemerintah Irak dengan kelompok ISIS, macetnya negosiasi perdamaian Ukraina-Rusia, serta ekspektasi tingkat suku bunga rendah yang masih akan dipertahankan di AS masih cukup kokoh menggerakan harga emas untuk cenderung menguat.
Namun, pergerakan harga emas yang secara teknikal terpantau mulai lesu akibat lonjakan signifikan sejak dua pekan lalu, sedikit menjadi faktor penahan penguatan signifikan harga emas. Selain itu, penurunan demand emas oleh Tiongkok serta kasus investasi emas bodong di negara tersebut turut berpengaruh terhadap tekanan ke arah pelemahan pada perdagangan emas di Asia.
Pada perdagangan Selasa 1 Juli 2014 di Bursa Comex, harga emas spot terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Harga emas spot Comex turun 0,07% ke tingkat harga $1.326,1/t oz atau melemah $0,9/t oz.
Sedangkan dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, emas berjangka masih dapat ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka COmex untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,35% ke tingkat harga $1.326,6/t oz atau menguat $4,6/t oz.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi pergerakan harga emas pada hari ini di Bursa Comex akan bergerak flat cenderung melemah akibat aksi tunggu sentimen data GDP kawasan EURO dan pidato Janet Yellen. Kedua faktor tersebut, diprediksi akan sangat signifikan mempengaruhi pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini. Terkait pergerakan harga emas pada hari ini di Bursa Comex, range normal diperkirakan akan ada di kisaran $1.318-$1.340 pada emas berjangka kontrak Agustus 2014 dan $1.319-$1.336 pada emas spot Comex.

Sumber : Vibiznews