Thursday 5 September 2013

Dolar Naik seiring Pertanda Data Perkerjaan

MarketWatch (06/9) NEW YORK - Dolar AS menguat terhadap rival utama pada hari Kamis seiring bacaan di pasar tenaga kerja dan sektor jasa secara luas konsisten dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Sejumlah data dirilis seiring investor melihat ke depan laporan nonfarm payrolls hari Jumat, terakhir sebelum pertemuan September Federal Reserve, untuk petunjuk kapan bank sentral bisa mulai memangkas kembali tingkat pembelian obligasi.

Pertumbuhan perusahaan sektor jasa melonjak ke rekor bulan lalu, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Institute for Supply Management, yang telah mengumpulkan data sejak 2008. ISM indeks jasa melompat ke pembacaan 58,6% pada bulan Agustus dari 56,0% pada bulan Juli, sebagai alat ukur kerja naik menjadi 57,0%, tertinggi sejak Februari.

Dolar mendorong di atas 100 Japanese Yen intraday Kamis, mengambil 100,08 yen dalam perdagangan terbaru dari 99,75 yen pada akhir Rabu.

Indeks dolar ICE, yang mengukur kekuatan dollar terhadap enam rival, naik menjadi 82,618 dari 82,143 pada akhir Rabu. WSJ Dollar Index, yang melacak itu terhadap sekeranjang luas, naik menjadi 74,72 dari 74,34.

The Fed saat membeli $ 85 miliar dalam hipotek dan utang Treasury seiring bagian dari upaya untuk meningkatkan ekonomi AS. Bank sentral diperkirakan akan memperlambat pembelian tersebut pada tahun ini, dengan banyak pelaku pasar bertaruh pada perubahan pada pertemuan The Fed bulan September. (izr)