Sunday 15 September 2013

Saham Asia Cap Terbesarnya 2 Minggu Naik Sejak Bulan Januari 2012 di China


Bloomberg (14/9) - Saham Asia menguat pekan ini, mengirim indeks patokan untuk dua minggu yang naik terbesar sejak bulan Januari 2012, setelah Tokyo terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 dan seiring data menunjukkan pembelian ekonomi China. Reli berbalik arah kemarin menjelang pertemuan Federal Reserve minggu depan.



Taisei Corp, kontraktor bangunan Jepang diharapkan dapat memberikan manfaat dari Olimpiade, melonjak 24 persen sejak tanggal 6 September di Tokyo. BYD Co naik 13 persen di Hong Kong pada laporan mobil sedang mengembangkan kendaraan listrik untuk menantang Tesla Motors Inc, dan seiring provinsi Hebei China mengatakan berusaha untuk meningkatkan penjualan kendaraan energi baru. Wockhardt Ltd, pembuat vaksin insulin dan hepatitis, melonjak 28 persen di Mumbai setelah AVANIR Pharmaceuticals Inc menetap litigasi paten atas obat.



Indeks MSCI Asia Pacific naik 2,5 persen menjadi 137,09 pekan ini, menguat sejak tanggal 30 Agustus menjadi 5,3 persen seiring Cina melaporkan lebih baik dari perkiraan ekspor dan data produksi industri. Saham menurun kemarin karena para investor menimbang negosiasi diplomatik berusaha untuk mencegah serangan militer terhadap Suriah pada tanggal 17-18 September di pertemuan The Fed. Investor sudah mengantisipasi penurunan dari US bank sentral $ 85 miliar dalam pembelian obligasi bulanan dan tidak mengharapkan perubahan mendadak di pasar jika terjadi, menurut 57 persen responden di Bloomberg Poll global.



"Fokus pasar bergeser dari perhatian utama tentang Fed lentik," kata Linus Yip, ahli strategi di First Shanghai Securities di Hong Kong. "Ada sekarang konsep pemulihan global. Ada beberapa realokasi sekarang dengan dana yang keluar dari pasar obligasi, yang menguntungkan saham. "