Monday 16 September 2013

Emas terfokus pada prospek stimulus, masih bergerak di level terlemah lima pekan

Singapura, Reuters (17/9) - Emas masih bergerak mendekati lima-minggu terendah pada Selasa pagi karena para pedagang menunggu arahan baru dari the Fed terhadap prospek masa depan stimulus ekonomi besar-besaran yang ada saat ini.

Spot emas naik 0,1 persen menjadi $ 1,315.10 per ounce pada pukul 0715 WIB, setelah jatuh 1 persen pada sesi sebelumnya ke level terendah lima minggu di $ 1,303.85. Sementara, emas AS turun $ 2,50 menjadi $ 1,315.30.

The Fed, yang akan memulai pertemuan kebijakan dua harinya pada Selasa hari ini, secara luas diperkirakan akan mulai membatasi pembelian obligasi bulanan senilai $ 85 milyar menjadi sebesar $ 75 miliar bulan ini.

Pedagang berspekulasi bahwa bank sentral AS akan mempertahankan kebijakan pelonggaran yang lebih lama setelah mantan Menteri Keuangan Lawrence Summers keluar dari daftar kandidat pengganti Ben Bernanke sebagai ketua bank sentral AS.

Bullion telah kehilangan lebih dari 20 persen dari nilainya tahun ini seiring pemulihan ekonomi AS yang telah menekuk daya tarik investasi safe-haven. Data pada hari Senin lalu menunjukkan bahwa output pabrik AS melonjak di bulan Agustus. (brc)