Wednesday 20 August 2014

The Fed : Pulihnya Pekerjaan Akan Mengantarkan Naiknya Suku Bunga Lebih Cepat

BESTPROFIT FUTURES (21/8) - Federal Reserve mendekat ke persetujuan mengenai strategi keluar dari stimulus yang agresif, sementara naiknya suku bunga kemungkinan akan terjadi lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, menurut hasil pertemuan The Fed Juli lalu.

Ketua The Fed Janet Yellen telah berkomitmen bahwa kebijakan moneter bertujuan untuk menciptakan pasar tenaga kerja lebih kuat, yang telah dia ukur dengan serangkaian indikator, sepanjang inflasi masih dalam pengawasan. Hasil pertemuan The Fed menyatakan bahwa œbanyak anggota masih melihat œadanya selisih (gap) yang tajam antara kondisi pasar tenaga kerja saat ini dan mereka yang konsisten dengan penilaian bahwa penggunaan tenaga kerja berada pada level normal.

Pada pernyataan hasil pertemuan bulan lalu, The Fed tidak menghiraukan penurunan pada tingkat pengangguran saat ini œakan rendahnya tingkat penggunaan sumber tenaga kerja yang signifikan.

Selain itu, hasi pertemuan menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan The Fed mengantisipasi berlanjutnya penguatan pasar tenaga kerja.

œBanyak anggota yang memperhatikan bahwa karakteristik dari kurangnya pemanfaatan pasar tenaga kerja akan berubah tak lama kemudian, khususnya jika kenaikan pada pasar tenaga kerja berlanjut lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, hal tersebut menurut hasil pertemuan The Fed. (bgs)

Sumber : Bloomberg