Wednesday 17 September 2014

Pembangunan PLTU Masih Jauh Dari Target, Koreksi Saham CNKO Belum Usai

Untuk menyelesaikan dua proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), PT Exploitasi Energi Indonesia Tbk (CNKO) akan menggunakan dana sebesar Rp 154,78 miliar. Kedua proyek PLTU tersebut berlokasi di Rengat dan Tembilahan, Riau yang tahap pengerjaannya dimulai awal tahun ini.
Sampai saat ini, perseroan telah menggunakan dana sebesar Rp 62,63 miliar untuk pembangunan PLTU di Rengat, dengan estimasi total biaya yang masih akan dikeluarkan sebesar Rp 104,09 miliar. Sedangkan proyek PLTU di Tembilahan sudah menyerap Rp 144,67 miliar dengan perkiraan jumlah dana lanjutan sebesar Rp 50,69 miliar. PLTU Rengat ditargetkan beroperasi pada April 2015 dan Tembilahan pada Desember 2014.
Sepanjang pengerjaannya kedua proyek emiten batubara  tersebut telah melalui beberapa tahap pengerjaan, dari pembebasan tanah dan spengembangan lokasi, teknik, suplai peralatan, sampai pengerjaan sipil. Masih ada tiga tahapan lagi yang belum dimulai, yaitu pembersihan jalur transportasi, commissioning and finishing, dan commercial operation.
Namun, pengerjaan PLTU di Rengat mengalami hambatan, terutama kondisi lahan akibat hujan. Sementara Kondisi tanah yang berupa lahan gambut menjadi hambatan utama perseroan dalam pengerjaan proyek PLTU Tembilahan. Sehingga realisasinya masih tertahan di angka Rp 62,64 miliar. Sementara, perseroan masih harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 104,09 miliar untuk mengerjakan proyek tersebut hingga tahap final.
Secara kondisi fundamentak keuangan, perseroan meraup pendapatan Rp735,34 miliar sepanjang tahun lalu, turun dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya Rp873,17 miliar. Laba kotor semester I/2014 juga mengalami penurunan menjadi Rp137,13 miliar dari laba kotor periode yang sama tahun sebelumnya Rp150,30 miliar, sedangkan laba bersih semester I/2014 turun menjadi Rp9,05 miliar dari laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya Rp33,08 miliar.
Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham hari Rabu (17/9/14), saham CNKO dibuka pada level 209 dan ditutup di 208 dalam kisaran 207 – 209 dan  volume perdagangan saham CNKO mencapai 2,21 juta lot saham.
Analis Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham CNKO sejak awal bulan Agustus terlihat terus mengalami pergerakan penguatan namun saat ini berada bada posisi konsolidasi.  Indikator MA sudah bergerak sepanjang bolinger band bawah. Selain itu indikator stochastic mulai bergerak ke area tengah setelah sebelumnya berada pada area jenuh beli.
Sementara indikator ADX terpantau bergerak naik didukung oleh -DI yang juga bergerak naik yang menunjukan pergerakan CNKO dalam tekanan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju CNKO masih akan tertahan dan menunggu sentimen fundamental yang menggerakan CNKO. Saat ini level support berada pada Rp198 hingga resistance Rp235.

Sumber : Vibiznews