Thursday 12 June 2014

Bursa Saham Asia Turun untuk Hari Kedua ditengah Kekerasan di Iraq

BESTPROFIT FUTURES (13/06) - Saham Asia jatuh mengirim indeks acuan regional menuju penurunan untuk hari kedua pasca ekuitas AS merosot dan minyak melonjak di tengah kekerasan yang meningkat di Irak.
Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,3 persen ke level 143,92 pukul 09:01 pagi di Tokyo. Indeks bersiap untuk gain selama sepakan berturut-turut di tengah tanda-tanda mulai stabil ekonomi China dan pemulihan AS masih utuh. Gelombang kekerasan berlangsung di seluruh Irak dalam tiga tahun terakhir pasca tentara AS mundur, mengangkat prospek terjadinyanya kembali perang saudara sektarian di produsen minyak terbesar kedua OPEC tersebut.
Indeks Topix Jepang turun sebesar 0,7 persen karena yen menguat dalam tiga hari terakhir sebelum Bank of Japan mengakhiri pertemuan kebijakannya hari ini. Indeks Kospi Korea Selatan turun sebesar 0,3 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia turun sebesar 0,1 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru tergelincir sebesar 0,4 persen. Pasar finansial di Hong Kong dan China belum dibuka ketika berita ini diturunkan.
Analis memproyeksikan BOJ tidak akan membuat perubahan kebijakannya hari ini untuk kebijakan perluasan basis moneternya dari 60 triliun yen menjadi  70 trliun yen per tahun. (izr)
Sumber: Bloomberg