Monday 18 July 2016

Emas ditutup naik tipis di tengah merebaknya ketidakpastian di pasar

BESTPROFIT FUTURES (19/7) - Emas berjangka menetap di level yang sedikit lebih tinggi pada hari Senin, mengambil kembali sebagian dari penurunan yang dialami pekan lalu, dengan investor menunjukkan sikap yang hati-hati pasca kudeta gagal akhir pekan lalu di Turki.
Harga mengalami kerugian sebesar 2,3% pekan lalu, menjadi penurunan pertama mingguan logam kuning ini dalam hampir dua bulan seiring melambungnya saham AS saham AS ke level rekor tertinggi dan keputusan Bank of England mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah untuk saat ini. Pemotongan suku bunga memikat investor ke pasar yang lebih berisiko, menjauh dari aset nonyielding seperti emas.
emas Agustus menguat di $ 1,90, atau 0,1%, untuk menetap di level $ 1,329.30 per ounce setelah menyentuh level rendah sebelumnya di level $1,323.50. Harga jatuh minggu lalu namun selama enam minggu sebelumnya, logam ini telah menetap lebih tinggi setiap minggunya dan secara kumulatif meraih kenaikan hampir 12%.
ICE U.S. dollar index berayun di antara kerugian dan keuntungan kecil versus rival mata uang lainnya sehingga menawarkan sedikit petunjuk arah untuk emas. Greenback dan logam kuning biasanya bergerak terbalik meskipun hubungan tersebut berbeda di sesi perdagangan terakhir.
Sementara itu, perbedaan suku bunga yang dapat mendorong mata uang dan perdagangan logam ke level yang lebih tinggi kemungkinan akan kembali menjadi fokus minggu ini. Bank Sentral Eropa direncanakan akan mengadakan pertemuan Kamis nanti.
Sumber: MarketWatch