Sunday 24 July 2016

Jelang Pertemuan Fed dan BOJ, Dolar AS Perpanjang Gain vs Yen

BESTPROFIT FUTURES (25/7) - Dolar melanjutkan gain dua minggu mereka terhadap yen di tengah spekulasi Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga sementara Bank of Japan akan memperluas program stimulus mereka pada pertemuan kebijakan masing-masing bak sentral tersebut minggu ini.
Yen menjadi pemain terburuk di antara 16 mata uang rekan utama greenback Senin. 32 dari 41 responden yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan BOJ akan melonggarkan kebijakan moneter dalam pertemuan pada 28-29 Juli nanti. Hedge fund dan spekulan besar lainnya di pasar berjangka meningkatkan posisi net bahwa keuntungan dari dolar akan lebih kuat terhadap delapan mata uang utama dengan penguatan terbesar dalam sebulan, menurut Komisi Perdagangan Komoditi Berjangka.
Dolar naik 0,3 persen ke level ¥ 106,43 pada pukul 09:18 pagi waktu Tokyo. Mata uang negeri Paman Sam ini naik 1,2 persen pekan lalu, menambahkan 4,3 persen lonjakan pada periode sebelumnya. Dolar AS menyentuh level enam minggu tertinggi ke level 107,49 ¥ pada hari Kamis. Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak mata uang terhadap 10 mata uang utama, sedikit berubah pada hari Senin setelah membukukan minggu terbaik dalam dua bulan dengan kenaikan 0,8 persen. (sdm)
Sumber: Bloomberg