Tuesday 12 July 2016

Yen Jatuh dalam Penurunan 2 Hari Terbesar Sejak 2014 terkait Sinyal Stimulus

BESTPROFIT FUTURES (13/7) - Yen turun dalam penurunan dua hari terbesar nya terhadap dolar sejak November 2014 seiring investor menunggu rincian dari paket stimulus yang dijanjikan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.
Mata uang ini turun lebih dari 1 persen terhadap semua dari 31 rekan-rekan utama nya setelah Abe mengatakan ia berencana untuk menambah stimulus fiskal setelah kemenangannya dalam pemilihan majelis tinggi akhir pekan lalu. Abe mengindikasikan pada hari Selasa bahwa ia akan memerintahkan menteri untuk mempersiapkan rencana tindakan lebih lanjut yang bertujuan untuk mendukung permintaan domestik. Saham global menghapus kerugian dipicu oleh referendum Brexit.
Seiring permintaan untuk aset haven berkurang minggu ini, yen telah turun, memberikan kabar baik kepada pejabat pemerintah yang akan lebih memilih mata uang yang lebih lemah untuk meningkatkan ekspor dan mencadangkan inflasi di tengah pelambatan ekonomi global. Yen sudah menguat 15 persen tahun ini terhadap dolar AS.
Yen melemah 2 persen ke level 104,88 per dolar pada pukul 14:11 siang waktu New York, setelah meluncur 2,2 persen Senin. Mata uang ini menyusut 2,1 persen ke level 116,06 terhadap euro dan turun 4,2 persen terhadap pound, yang rebound dari posisi terendah 31-tahun setelah referendum Brexit. (sdm)
Sumber: Bloomberg