Sunday 10 July 2016

Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Naik; Mingguan Anjlok 8 Persen

BESTPROFIT FUTURES (11/7) - Harga minyak mentah naik di perdagangan berombak pada akhir pekan hari Jumat di AS, setelah data pekerjaan AS yang kuat dan bargain hunting oleh investor diadu konsumsi musiman lemah minyak.

Nonfarm payrolls naik dengan disesuaikan musiman 287.000 pada bulan Juni, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Jumat (08/07), bulan terkuat memperkerjakan sejak Oktober lalu. Angka tersebut didorong oleh akhir pemogokan di Verizon Communications Inc bahwa badan tersebut telah mengatakan mencukur sekitar 35.000 pekerjaan dari payrolls pada bulan Mei.

Pasar minyak awalnya naik sekitar 1 persen atau lebih setelah ekonomi AS membukukan kenaikan pekerjaan terbesar dalam delapan bulan pada bulan Juni dan di tengah kekhawatiran tentang serangan militan pada infrastruktur minyak Nigeria. Tetapi kenaikan tertahan setelah kekhawatiran atas kelebihan pasokan kembali datang.

Pasar mencerna data jumlah kilang minyak AS dari Baker Hughes, yang menunjukkan kenaikan kilang 10 minggu ini menjadi 351, mencatatkan peningkatan mingguan kelima beruntun.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir 27 sen lebih tinggi, atau 0,6 persen, pada $ 45,41 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik 29 sen, atau 0,6 persen, pada $ 46,69 per barel, setelah sesi rendah pada $ 46,15.

Kedua benchmark turun hampir 8 persen untuk minggu ini, penurunan mingguan terbesar untuk Brent sejak Januari. Anjloknya harga minyak mentah sebagian besar akibat kekenyangan pasokan, kekuatiran Breixt, juga laporan persediaan minyak mentah yang dilaporkan  EIA yang turun di bawah perkiraan.

Harga minyak mentah berjangka tetap sekitar 75 persen di atas 12 tahun terendah dari $ 27 untuk Brent dan $ 26 untuk WTI yang dicapai pada kuartal pertama. Tetapi pasar telah berputar sejak menyentuh di atas $ 50 setelah kekenyangan produk olahan diganti kekhawatiran tentang kelebihan minyak mentah yang menyebabkan penurunan panjang hampir dua tahun sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka mencapai posisi terendah dua bulan pada Kamis, dengan WTI menembus di bawah support kunci dari $ 45,83 setelah penarikan mingguan minyak mentah di luar AS tampak tidak memadai untuk meredakan kekhawatiran investor.


Sumber : Vibiznews