Monday 25 November 2013

Harga Emas LLG Ditutup Anjlok ke Posisi Terendah Sejak Juli

BESTPROFIT FUTURES (26/11) Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga emas terpantau mengalami penurunan tajam (26/11). Harga emas anjlok untuk empat sesi berturut-turut dan mencapai posisi paling rendah sejak bulan Juli lalu. Harga komoditas ini anjlok setelah Iran dan enam negara lain mencapai kesepakatan interim mengenai program nuklir di negara tersebut.
Harga minyak mentah terpukul setelah sebuah perjanjian ditandatangani di Jenewa kemarin. Iran setuju mengurangi kegiatan pengayaan uraniumnya sebagai ganti dari 7 miliar dollar pembebasan sanksi selama enam bulan ke depan. Ekspor minyak mentah dari negara tersebut kembali dibuka, tetapi dibatasi hanya sebesar 1 juta barel per hari.
Harga emas spot LLG terpantau mengalami penutupan pada posisi 1231.40 dollar per troy ons pada akhir perdagangan. Harga emas ini mengalami penurunan sebesar 12.95 dollar dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas spot pada perdagangan tadi malam sempat melemah hingga ke level 1227.35 dollar per troy ons yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 8 Juli lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas akan cenderung mengalami lanjutan penurunan. Harga emas spot LLG diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1220 – 1270 dollar per troy ons.