Monday 1 August 2016

Bursa Asia Melemah Karena Bursa Jepang Menanti Paket Stimulus Baru

BESTPROFIT FUTURES (2/8) - Bursa saham Asia di buka turun untuk pertama kalinya dalam tujuh hari, melemah dari hampir satu tahun tertinggi, karena saham-saham Jepang merosot menjelang pengumuman paket stimulus sebesar $ 274 miliar dan penurunan dalam minyak membebani perusahaan energi dan komoditas.
Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 persen menjadi 136,85 pada pukul 09:03 pagi di Tokyo setelah penutupan Senin kemarin di tertinggi sejak 17 Agustus tahun lalu. Saham material dan industri memimpin kerugian dalam indeks regional, sementara produsen energi juga mengalami pelemahan, setelah minyak mentah menuju bear market dan anjlok di bawah $ 40 per barel untuk pertama kalinya sejak April, pada Senin kemarin. Indeks Topix Jepang turun 0,8 persen karena para investor mengkaji pendapatan dan pemerintah siap memberikan rincian tentang langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian yang terancam oleh penguatan yen dan lemahnya belanja konsumen.
Ekuitas Asia telah memperpanjang reli pada bulan Juli, yang merupakan bulan terbaik sejak Maret, terkait prospek stimulus global. Indeks regional kini telah mengabaikan dampak dari pemilu Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dan naik 3,7 persen untuk tahun ini. Namun, jatuhnya harga minyak lebih dari 20 persen dari level tertingginya di bulan Juni lalu memperkeruh suasana dan meningkatkan kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi global.(frk)
Sumber: Bloomberg