Monday 10 February 2014

Jelang Testimoni Janet Yellen, Emas Dekati Level 2 Pekan Tertingginya

BESTPROFIT FUTURES (11/02) Emas diperdagangkan mendekati level dua pekan tertingginya pada hari Selasa ini menjelang testimoni Kongres oleh Kepala Federal Reserve yang baru, terkait harapan-harapan bahwa bank sentral AS kemungkinan akan kembali mempertimbangkan laju pemangkasan stimulusnya. 
    
Spot sedikit beubah pada level $1,273.86 per ounce pada pukul 00:16 GMT, pasca gain 1.4% pada dua sesi terakhir. Logam menyentuh  level dua pekan tertingginya  $1,277.70 pada hari Senin lalu.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen memberikan testimony pertamanya menjelang House Financial Services Committee pada pukul 15:00 GMT dan sepertinya akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan terkait bursa tenaga kerja Negara tersebut dan laju pemangkasan stimulus kedepannya. 

Data-data ekonomi yang menunjukkan penurunan baru-baru ini, termasuk laporan daftar gaji sektor non pertanian pada hari Jumat telah memberikan harapan pada pasar bahwa laju pembelian obligasi akan dikurangi.

Para pekerja tambang emas di AngloGold Ashanti Sadiola dan Yatela di Mali telah memulai pemogokan kerja selama lima hari pada hari Senin lalu, menuntut kenaikan gaji. 

Produsen platinum terbesar di dunia dan himpunan AMCU akan mengadakan pertemuan terpisah dengan mediator Afrika Selatan pada pekan ini guna membahas penghentian atas upah, akan tetapi tidak membicarakan antara perusahaan-perusahaan dan serikat kerja. (bgs)

Sumber : Reuters