Tuesday 18 February 2014

Perak Catat Reli Terpanjang Karena Naiknya Permintaan

BESTPROFIT FUTURES (19/02) - Komoditi perak mencatatkan reli terpanjang selama kurang lebih 45 tahun terakhir karena meningkatnya permintaan untuk investasi alternatif ditengah kecemasan pada goyahnya kondisi ekonomi global. 

Data hari ini diperkirakan akan memperlihatkan pembangun rumah dan sektor manufaktur A.S  mengikuti estimasi dari analis. Sementara Bank of Japan (BOJ) mendorong program pinjaman sambil tetap merencanakan untuk pembelian asset berskala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya guna mendukung pemulihan ekonomi, selain itu komoditas naik ke level tertinggi selama hampir lima bulan terakhir. 

Tahun ini perak telah mencatat gain  sebesar 13% terkait lonjakan permintaan untuk koin dan juga perhiasan. 

Kepemilikan ETP yang berbasis logam kuning tersebut tahun lalu naik seiring penurunan harga spot sebesar 36%, terbanyak sejak 1981 ditengah rekor reli ekuitas A.S. 

Sedangkan spot emas telah naik 9.6% di tahun ini, sementara dollar A.S. turun terhadap sejumlah 10 mata uang utama lainnya. 

Perak untuk pengiriman segera naik 1.1% menuju penetapan di harga $21.9348 per ons pada pukul 5 siang waktu New York kemarin. Sedangkan kemarin, logam tersebut telah mencapai sembilan pekan tertinggi berada di level $21.9791. 

Pada 14 Februari pekan lalu, penutupan harga perak berada diatas pergerakan rata-rata 200-hari untuk yang pertama kalinya dalam kurun waktu setahun terakhir.(tito)

Sumber : Bloomberg