Wednesday 19 February 2014

Kiwi-Aussie Menuju Level Tidak Pernah Terjadi dalam 40 Tahun

BESTPROFIT FUTURES (20/02)Dolar Selandia Baru siap bergerak melewati keseimbangan terhadap dolar Australia di 2014 untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, kata ekonom dari HSBC.
Paul Bloxham, kepala ekonom dari HSBC untuk Australia dan Selandia Baru, mengatakan pada CNBC Squawk Box dolar Selandia Baru – atau dikenal sebagai kiwi – bisa naik lebih dari 8 persen terhadap dolar Australia tahun ini, dengan bank sentralnya secara agresif menaikkan tingkat bunga.
“Kami pikir kiwi akan naik dan bisa melewati 86-87 sen terhadap dolar AS dan bahkan akan melewati keseimbangan dolar Aussie untuk pertama kalinya dalam 40 tahun,” kata Bloxham.
 Pada hari Senin dolar Selandia Baru ditradingkan pada 0.9250 terhadap dolar Australia dan 0.8367 terhadap dolar AS di perdagangan sesi pagi Asia.
Kiwi menjadi matauang yang banyak diperdagangkan selama tahun lalu dengan para ekonom melihat trend bullish dari boomingnya ekonomi Selandia Baru.
Sementara itu, Reserve Bank dari Selandia Baru (RBNZ) telah mengeluarkan pesan-pesan yang keras, membicarakan mengenai kemungkinan menaikkan tingkat bunga sampai 225 basis poin selama dua tahun kedepan.
 Sebagai akibatnya, investor telah menumpuk pembelian kiwi, mendorong naik hampir 13 persen terhadap Aussie selama lebih dari 12 bulan, dan hampir 9 persen terhadap dolar AS sejak Juni.
Tetapi tidak semua analis setuju mengenai hal diatas bahwa dolar Selandia Baru akan diperdagangkan sebegitu rupa tahun ini.
Sean Callow, ahli strategi matauang senior di Westpac Bank, mengatakan kepada CNBC bahwa RBNZ telah membicarakan mengenai kenaikan tingkat bunga begitu lama sehingga sudah diperhitungkan dalam analisa mereka.

Sumber : Vibiznews.com