Sunday 23 February 2014

Perdagangan Emas Dibawah 15-Pekan Tertinggi, Investor Kaji Permintaan

BESTPROFIT FUTURES (24/02)Komoditi emas diperdagangkan dibawah 15-pekan tertinggi dibarengi sinyal acuan teknikal pada sebuah pergerakan berbalik arah (reversal) pasca kenaikan selama tiga pekan terakhir, sementara gejolak pada market negara berkembang dan juga data ekonomi A.S yang mengikuti estimasi telah meningkatkan tingkat permintaan terhadap safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan pada level harga $1,325.10 per ons 2:23 siang di Singapura dari level $1,324.28 21 Februari pekan lalu, ketika harga membatasi gain mingguan ketiga, pekan lalu emas mencapai level $1,332.45 pada 18 Februari, yang tertinggi sejak 31 Oktober.

Sementara index relative strength (RSI) 14 hari berada dilevel 68.9 21 Februari yang lalu, berada dekat dengan level 70 yang memberikan sinyal pada chart bahwa harga kemungkinan bersiap untuk berbalik arah(reversal).

Emas sedang menuju peningkatan bulanan kedua setelah data output pabrik dan juga perumahan yang meleset dari proyeksi pekan lalu telah menambahkan kecemasan bahwa pemulihan ekonomi A.S kemungkinan akan kehilangan momentum seketika terdapat pertimbangan ulang terhadap pembelian asset poleh pihak the Fed.

Sementara permintaan safe haven telah meningkat seiring dengan upaya dari pemerintahan guna mengendalikan pinjaman beresiko dalam konsumen terbesar China dan aksi protes berbahaya di Ukraina beserta Thailand yang mempengaruhi melemahnya asset market negara berkembang disebabkan oleh pengurangan pada stimulus A.S.(tito)

Sumber : Bloomberg