Tuesday 18 February 2014

Positifnya Data Ekonomi Kor-Sel Gagal Angkat Sentimen di Bursa Seoul

BESTPROFIT FUTURES (19/02)Pada perdagangan di bursa saham Korea Selatan pagi hari ini terjadi pergerakan yang cenderung melemah (19/2). Bursa saham melemah setelah mengalami koreksi dari level paling tinggi dalam satu bulan belakangan yang dicapai pada perdagangan Senin lalu. Sentimen positif berupa data ekonomi yang solid dari Korea Selatan gagal untuk mengangkat pergerakan di bursa saham.
Rasio utang jangka pendek terhadap cadangan devisa di Korea Selatan mencapai posisi paling rendah dalam delapan tahun belakangan di bulan Desember lalu. Laporan bahwa Presiden Park akan mengungkap detail mengenai rencana pertumbuhan ekonomi selama tiga tahun ke depan juga tidak mampu memberikan sentiment positif yang dibutuhkan untuk menguat di bursa Seoul.
Saham Posco, produsen baja terbesar, mengalami penurunan sebesar 0.3 persen setelah memenangkan perang hukum mengenai paten dengan Nippon Steel dan Sumitomo Metal.
Hari ini indeks spot Kospi tampak melemah. Indeks spot membukukan penurunan sebesar 9.68 poin atau 0.5 persen dan berada pada posisi 1937.23 poin.
Indeks berjangka Kospi 200 pagi ini dibuka pada posisi 253.15 poin. Indeks berjangka ini mengalami penurunan sebesar 85 poin dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka terpantau mengalami pergerakan yang masih melemah terus dan berada pada posisi 251.55 poin.