Sunday 8 December 2013

Bursa Hong Kong Menguat Diangkat Sentimen Positif Kawasan

BESTPROFIT FUTURES (09/12) Pada perdagangan di bursa saham Hong Kong pagi hari ini terjadi peningkatan yang signifikan (09/12). Bursa Hong Kong mengikuti sentimen umum yang berkembang di Asia dan membukukan kenaikan seiring dengan peningkatan di bursa saham Wall Street pekan lalu.
Bursa saham di Hong Kong tersebut melanjutkan kenaikan setelah para investor mencerna rilis data inflasi China yang melambat di bulan November lalu. Data yang berada di bawah estimasi pasar tersebut menambah panjang daftar data ekonomi positif dari China.
Inflasi di bulan November lalu berada di level 3 persen. Angka inflasi tersebut melambat dibandingkan dengan inflasi di bulan Oktober yang berada di level 3.2 persen.
Sementara itu data neraca perdagangan di bulan November yang dirilis hari Minggu lalu menunjukkan bahwa surplus perdagangan China mencapai level tertinggi dalam nyaris lima bulan belakangan disebabkan oleh melonjaknya ekspor.
Saham-saham unggulan cenderung bergerak menguat pada sesi perdagangan pagi ini. Cheung Kong naik 0.6 hkd menjadi 122.8 hkd. The Wharf Holdings tampak mengalami kenaikan 0.2 hkd menjadi 62.25 hkd. Hang Seng Bank menguat 0.1 hkd ke posisi 126.2 hkd.
Indeks spot hang seng mengalami kenaikan sebesar 112.05 poin atau 0.47 persen dan berada pada posisi 23855.15 poin.
Indeks berjangka hang seng dibuka pada posisi 23653. Indeks tersebut mengalami penurunan sebesar 49 poin dari posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Saat ini indeks berjangka tampak mampu bergerak ke teritori positif di level 23773 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini indeks berjangka diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 23600 – 23900 poin.