Monday 9 December 2013

Sektor Perkapalan Jadi Fokus; Bursa Shanghai Bergerak Sideways

BESTPROFIT FUTURES (10/12) Pada perdagangan pagi hari ini bursa saham Shanghai tampak mengalami pergerakan yang fluktuatif (10/12). Bursa saham China tersebut sempat membukukan kenaikan sebesar 0.5 persen, akan tetapi akhirnya bergerak ke teritori negatif. Hari ini para pelaku pasar masih menantikan beberapa data ekonomi China yang akan menunjukkan apakah pemulihan ekonomi yang terjadi sudah berkesinambungan.
Para investor tampak cenderung optimis menjelang rilis data industrial production China siang nanti. Akan tetapi kabar bahwa PBOC akan menunda pelaksanaan operasi pasar terbuka tampak sedikit membebani sentiment.
Indeks benchmark Shanghai komposit tampak sempat mengalami kenaikan sebesar 0.5 persen dan melampaui level 2250 poin, sedikit lagi mencapai posisi paling tinggi dalam tiga bulan yang baru. Akan tetapi indeks tersebut saat ini terpantau mengalami penurunan sebesar 4.26 poin atau 0.19 persen dan berada pada posisi 2233.94 poin.
Sementara itu saham-saham di sektor perkapalan tampak menjadi fokus para investor hari ini. Kabar terbaru menyatakan bahwa pemerintah China akan memperpanjang bantuan bagi perusahaan-perusahaan pelayaran untuk membeli kendaraan baru. China Shipping Development tampak mengalami rally sebesar nyari 3 persen. CSSC Jiangan Heavy menguat sebesar 2 persen.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks di bursa Shanghai akan cenderung mengalami pergerakan yang sideways dan terbatas. Indeks komposit Shanghai diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 2200 – 2260 poin.