Sunday 8 December 2013

Harga Karet Tocom Menguat ke Level 2 Bulan Tertinggi

BESTPROFIT FUTURES (09/12) Harga karet berjangka tampak mengalami peningkatan yang signifikan pada perdagangan di Tocom hari ini (09/12). Harga karet berjangka menguat tajam ke level tertinggi dalam lebih dari dua bulan belakangan setelah impor China melesat dan mencetak rekor tertingginya pada bulan November lalu. Ini merupakan pertanda bahwa permintaan komoditas dari China akan kembali meningkat.
Harga karet berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Mei di Tocom mengalami peningkatan sebesar 2.4 persen menjadi 282.3 yen per kilogram atau setara dengan 2739 dollar per metric ton. Harga karet tersebut merupakan yang paling tinggi sejak tanggal 24 September. Harga karet untuk kontrak paling aktif telah mengalami penurunan sebesar 7.1 persen sepanjang tahun 2013 ini.
Impor karet oleh China mengalami kenaikan mencapai 270,000 ton bulan lalu. Impor tersebut 42 persen lebih tinggi dibandingkan dengan impor di bulan Oktober lalu dan 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pembelian karet selama 11 bulan pertama tahun 2013 mengalami peningkatan sebesar 8.2 persen menjadi 2.13 juta ton.
Harga karet berjangka di Tocom juga menguat didukung oleh melemahnya yen. Pada perdagangan hari ini yen kembali melemah terhadap dollar AS, mendekati level paling rendah dalam enam bulan belakangan sehingga meningkatkan minat terhadap komoditas yang diperdagangkan dalam yen.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga komoditas karet berjangka Tocom pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 280 – 286 yen per kilogram.