Sunday 8 December 2013

Bursa Seoul Rally Tajam Hentikan Paceklik Selama 6 Hari Berturut-turut

BESTPROFIT FUTURES (09/12) Pada sesi perdagangan di bursa saham Korea Selatan pagi hari ini terjadi rally yang signifikan (09/12). Bursa saham Korea Selatan tersebut menikmati rebound setelah pada akhir perdagangan Jumat lalu ditutup pada posisi paling rendah dalam tiga minggu belakangan. Indeks Kospi tampak menghentikan penurunannya yang telah terjadi selama enam hari berturut-turut.
Saham-saham lapis biru menguat dan mendorong indeks spot Kospi ke atas level 2000 poin. Samsung Electronics tampak mengalami peningkatan sebesar 1.5 persen. Saham LG Electronics dan Kia Motors juga tampak mengalami peningkatan yang sama besar.
Ketegangan antara China dan Jepang di Laut China Timur masih menjadi fokus para investor pada perdagangan Senin ini. Korea Selatan mengumumkan perluasan kawasan pertahanan udaranya yang bertabrakan dengan kawasan pertahanan udara yang sebelumnya diumumkan oleh China.
Hari ini indeks spot Kospi terpantau mengalami peningkatan sebesar 19.64 poin atau 0.99 persen dan berada pada posisi 1999.80 poin. Indeks berjangka Kospi 200 dibuka pada posisi 263.85 poin, melonjak tajam sebesar 275 poin dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Hari ini indeks berjangka tampak sudah mengalami pergerakan pada kisaran 262.40 – 264.40 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini indeks berjangka diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 262.00 – 265.00 poin.