Monday 9 December 2013

Bursa Jepang Melemah Akibat Aksi Ambil Untung Setelah Rally Tajam Kemarin

BESTPROFIT FUTURES (10/12) Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi penurunan yang signifikan (10/12). Bursa saham Jepang lesu setelah pada perdagangan Senin kemarin membukukan rally sebesar 2 persen. Melemahnya bursa Jepang pagi ini sebagian besar disebabkan oleh aksi ambil untung yang dilakukan oleh para pelaku pasar.
Penurunan di bursa Jepang terjadi meskipun dollar-yen kembali menguat ke atas 103 yen per dollar AS. Para eksportir yang memiliki eksposure di Eropa menjadi fokus pada perdagangan hari ini setelah euro mengalami peningkatan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam lima tahun belakangan terhadap yen pada perdagangan tadi malam.
Saham Canon, Sony dan Toshiba masing-masing mengalami penurunan di bawah 1 persen, tertahan oleh melemahnya yen terhadap mata uang-mata uang rivalnya.
Outlook sentimen di sector bisnis tampaknya akan melemahnya sentiment di bursa Jepang pada perdagangan hari ini. Sebuah survey oleh pemerintah menunjukkan bahwa sentiment di kalangan perusahaan manufaktur besar memburuk di periode Oktober – Desember.
Indeks spot Nikkei terpantau mengalami penurunan sebesar 86.85 poin atau 0.55 persen dan berada pada posisi 15563.46 poin. Indeks berjangka Nikkei 225 dibuka pada posisi 15680 poin pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami penurunan 15 poin dari posisi penutupan perdagangan kemarin. Saat ini indeks berjangka Nikkei tampak mengalami pergerakan melemah dan berada pada posisi 15625 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa Jepang akan cenderung mengalami penurunan. Indeks berjangka Nikkei 225 tersebut tampaknya akan mengalami pergerakan pada kisaran 15570 – 15700 poin.