Monday 2 December 2013

Produksi Kedelai di Brasil Tahun Ini Diprediksi Naik

BESTPROFIT FUTURES (3/12) Harga kedelai berjangka saat ini mengalami penurunan. Komoditi pangan tersebut kembali melanjutkan tren negatif setelah hari ini (3/12) kembali tertekan oleh adanya laporan bahwa produksi kedelai di Brasil untuk tahun ini diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 7,3% menjadi 88 juta ton. Saat ini Brasil merupakan negara produsen kedelai terbesar dunia dilanjutkan Amerika Serikat dan Argentina.
Sedangkan sentimen negatif lainnya ialah mengenai dampak dari melemahnya harga minyak kelapa sawit dalam beberapa hari terakhir yang memicu pelemahan komoditi bahan baku minyak nabati lainnya seperti kedelai. Kedelai merupakan komoditi substitusi bagi industri minyak nabati.
Harga kedelai berjangka mengalami penurunan sebesar 1,1% menjadi 13,2125 dollar per bushel dan harga gandum mengalami penurunan 1% menjadi 6,6175 dollar per bushel.
Untuk perdagangan hari ini, harga kedelai berjangka diperkirakan akan masih berpeluang mengalami penurunan mengingat mayoritas harga komoditi pangan lainnya juga bergerak turun setelah pekan lalu sempat mengalami bullish. Malam ini pasar akan menantikan rilisnya data GDP kuartal ketiga Australia. Negara tersebut merupakan salah satu produsen gandum terbesar dunia setelah Amerika Serikat.