Sunday 8 December 2013

Harga Emas Bergerak Fluktuatif, Masih di Kisaran Terendah dalam 5 Bulan

BESTPROFIT FUTURES (09/12) Pada perdagangan sesi Asia hari ini harga emas terpantau bergerak fluktuatif (09/12). Harga emas mengalami pergerakan yang volatil setelah sempat mengalami penurunan tajam hingga ke level paling rendah dalam lima bulan setelah para investor mencerna kemungkinan tapering dipercepat sehubungan dengan makin solidnya sinyal membaiknya ekonomi AS.
Jumat lalu data NFP di bulan November mengalami peningkatan sebesar 203K, melampaui estimasi. Sementara itu tingkat pengangguran tampak mengalami penurunan hingga mencapai level paling rendah dalam lima tahun belakangan di 7 persen.
Fed telah menetapkan bahwa tingkat pengangguran 7 persen merupakan ambang untuk penentuan pengurangan stimulus moneter. Dengan tercapainya ambang tersebut tampak Fed makin yakin untuk melakukan pengurangan stimulus atau yang biasa disebut tapering. Kemungkinan besar tapering akan mulai dilakukan per bulan Januari, tetapi tapering lebih awal di bulan Desember juga masih mungkin terjadi. Fed akan mengumumkan kebijakan ini pada tanggal 18 Desember mendatang.
Hari ini harga emas spot LLG terpantau berada pada posisi 1229.80 dollar per troy ons. Harga emas tersebut mengalami kenaikan tipis sebesar 85 sen dibandingkan dengan penutupan perdagangannya akhir minggu lalu. Hari ini harga emas spot tampak hanya mengalami pergerakan pada kisaran sempit 1225.75 – 1231.60 dollar per troy ons. Harga emas pekan lalu sempat anjlok ke level 1212 dollar yang merupakan posisi paling rendah dalam lima bulan belakangan.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga komoditas emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1225.00 – 1235.00 dollar per troy ons.