Monday 16 December 2013

Bursa Shanghai Melemah Setelah Dibuka di Zona Hijau

BESTPROFIT FUTURES (17/12) - Bursa saham Shanghai pada sesi perdagangan hari ini terpantau mengalami penurunan setelah sempat dibuka di teritori positif (17/12). Bursa saham cenderung bergerak melemah dan saat ini menyentuh level terendah dalam satu bulan yang baru. Penurunan hingga ke level terendah dalam satu bulan tersebut sudah terjadi selama dua hari berturut-turut.
Saham-saham di sektor keuangan tampak bergerak bervariasi hari ini setelah gubernur bank sentral China Zhou Xiaochan mengatakan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan menjadi “ciri khas” ekonomi China apabila kontrol sudah dihapuskan akibat permintaan yang tinggi. Saham Merchants Bank mengalami kenaikan nyaris sebesar 1 persen sementara Citic Securities bergerak nyaris flat.
Hari ini indeks komposit Shanghai tampak mengalami penurunan yang cukup signifikan, melawan sentiment positif yang berkembang di bursa-bursa lain di kawasan Asia. Indeks komposit Shanghai tersebut mengalami penurunan sebesar 0.36 persen atau 7.73 poin dan berada di posisi 2153.13 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks komposit Shanghai di bursa China pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Untuk hari ini indeks tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 2120 – 2180 poin.