Thursday 5 December 2013

Harga Karet Turun Sedikit, Dampak Penguatan Yen

BESTPROFIT FUTURES (05/12) Harga karet berjangka untuk perdagangan hari ini (5/12) terpantau mengalami pergerakan melemah tipis. Penurunan pergerakan harga karet pada saat ini dipicu oleh adanya sentimen negatif mengalami kembali menguatnya pergerakan nilai tukar yen terhadap dollar AS pada saat ini. Mata uang Jepang tersebut saat ini mengalami apresiasi ke posisi 102,16 per dollar AS.
Sentimen tersebut bersamaan dengan adanya sebuah laporan bahwa pemerintah China akan melakukan pembelian 100 ribu ton karet dari beberapa perusahaan penghasil karet mentah di China seperti Sinochem International, China Hainan Rubber Industry dan Yunnan State Farms Group. Kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga persediaan karet dalam negeri yang akan diperuntukan sebagai bahan baku pembangunan infrastruktur pada tahun depan.
Harga karet berjangka saat ini melemah tipis sebesar 0,1% menjadi 274,6 yen per kilogram atau 2685 dollar per metrik ton di Tokyo Commodity Exchange. Sedangkan di Shanghai Futures Exchange, harga karet melemah 0,3% menjadi 19555 yuan atau 3210 dollar per ton.
Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memprediksi bahwa pergerakan harga karet berjangka untuk hari ini diperkirakan akan masih bergerak melemah tipis dengan kisaran antara level 265 – 270 yen per kilogram. Selain disebabkan oleh penguatan yen, turunnya harga karet juga disebabkan oleh adanya spekulasi bahwa persediaan karet global untuk tahun depan diperkirakan akan mengalami kenaikan.