Wednesday 11 December 2013

Harga Karet Tocom Menguat ke 2 Bulan Tertinggi Akibat Sinyal Kenaikan Permintaan China

BESTPROFIT FUTURES (12/12) Pada sesi perdagangan di Asia hari ini harga karet berjangka di Tocom terpantau mengalami peningkatan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam lebih dari dua bulan belakangan (12/12). Harga komoditas tersebut menguat signifikan sebesar data kredit dari China memberikan sinyal kenaikan permintaan.
Sektor perbankan menjadi fokus perdagangan hari ini setelah data kredit perbankan baru di bulan November dan agregat total keuangan sosial, yang termasuk sektor perbankan bayangan, mengalami kenaikan melampaui estimasi. Data tersebut memberikan sinyal bahwa sektor kredit terus mengalami pertumbuhan meskipun dengan adanya usaha dari pemerintah China untuk menurunkan aktivitas perbankan bayangan.
Kemarin dilaporkan bahwa pinjaman dalam mata uang yuan pekan lalu mencapai angka 624.6 miliar yuan. Jumlah pinjaman baru ini mengalami kenaikan tajam dibandingkan dengan estimasi 580 miliar yuan.
Hari ini harga karet berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Mei di Tocom terpantau mengalami kenaikan sebesar 1.1 persen menjadi 282.8 yen per kilogram atau setara dengan 2757 dollar per metric ton. Harga karet tersebut merupakan yang paling tinggi sejak tanggal 24 September yang lalu. Sepanjang tahun 2013 ini harga karet telah mengalami penurunan sebesar 7 persen.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pergerakan yang masih positif. Untuk hari ini harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 278 – 285 yen per kilogram.