Monday 2 December 2013

Bursa Shanghai Melemah Terbatas Akibat Kekhawatiran Tapering, Turunnya Aktivitas Sektor Jasa China

BESTPROFIT FUTURES (03/12) Pada sesi perdagangan di bursa Shanghai pagi hari ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (03/12). Sentimen negative berkembang di Asia pada sesi perdagangan pagi ini setelah dini hari tadi bursa saham Wall Street ditutup dengan membukukan penurunan. Para investor kembali dilanda kekhawatiran bahwa Fed akan segera melakukan tapering program stimulusnya.
Bursa saham China bergerak di kisaran terendah dalam dua minggu belakangan menyusul penurunan tajam pada sesi perdagangan Senin kemarin. Data menunjukkan bahwa PMI sektor jasa di China sedikit melambat sehingga mengakibatkan tekanan di bursa China.
Saham-saham di sektor property tampak menjadi focus setelah sebuah survey dari pihak swasta menunjukkan bahwa harga rumah bar uterus mengalami kenaikan. China Merchants Property dan Poly Real Estate mengalami penurunan masing-masing sebesar 0.6 persen.
Indeks komposit Shanghai tampak mengalami penurunan yang signifikan. Indeks spot tersebut membukukan penurunan sebesar 5.03 poin atau 0.23 persen dan berada di posisi 2202.34 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks komposit Shanghai di bursa saham China pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan lanjutan. Untuk saat ini indeks tersebut diperkirakan akan bergerak di kisaran 2180 – 2230 poin.